ELS.ID NEWS | Website Spesifikasi Lengkap dan Review Laptop No. 1 di Indonesia

Pilih Laptop | Website Spesifikasi Lengkap dan Review Laptop No. 1 di Indonesia

Teknologi Terbaru dari Intel: Thunderbolt 4.0!

3 min read
THUNDERBOLT 4.0

KENALIN NIH THUNDERBOLT 4 YANG KENCENG POL! 

THUNDERBOLT 4.0

Salah satu teknologi besutan Intel yang telah diperkenalkan sejak pertengahan tahun 2020 kemarin. Thunderbolt 4.0 ini menggantikan Thunderbolt 3.0 meskipun masih membawa kecepatan yang sama. Teknologi Thunderbolt sendiri memiliki tiga fitur penting yaitu:

  • Port thunderbolt, dimana menghadirkan transfer data berkecepatan tinggi yang bisa mencapai 40 Gbps.
  • Kabel Thunderbolt, memastikan sambungan berkualitas antar perangkat.
  • Aksesori Thunderbolt, memudahkan perluasan kemampuan perangkat anda dengan opsi docking dan perangkat eksternal.

Kecanggihan teknologi ini sudah dapat digunakan bersamaan dengan prosessor terbaru dari Intel yaitu Generasi 11 alias Tiger Lake, dimana Intel mengklaim bahwa teknologi ini akan mendukung  laptop yang tipis dan ringan.

“Thunderbolt memberikan konsumen dengan standar konektivitas terkemuka di berbagai perangkat, membantu memajukan pengalaman komputasi dan memenuhi janji USB-C dengan kesederhanaan, kinerja, dan keandalan,” tutur General Manager of Client Connectivity Division Intel, Jason Ziller.

THUNDERBOLT 4.0

Fokus Utama Thunderbolt 4.0

  • Anda dapat menghubungkan monitor eksternal, Thunderbolt™, dan perangkat USB dengan satu kabel Thunderbolt 4.
  • Teknologi Thunderbolt 4 berkecepatan tinggi memanfaatkan kekuatan CPU Anda untuk meningkatkan performa data dan video.
  • Tingkatkan rakitan gaming Anda dengan gaming dock dan solusi perekam video untuk merekam gameplay pada pengaturan tertinggi.
  • Menghubungkan SSD kecepatan tinggi ke port Thunderbolt 4 memungkinkan Anda untuk membawa game Anda ke mana pun.
  • Kabel unversal Thunderbolt 4 membantu menyederhanakan pilihan kabel.

Thunderbolt4

Manfaat Thunderbolt 4.0

Terdapat manfaat yang signifikan ketika anda menggunakan teknologi terbaru ini:

  • Konektivitas Serbaguna, dimana port thunderbolt 4 ini kompatibel dengan banyak standar koneksi yang memiliki konektor USB-C standar, seperti port thunderbolt sebelumnya, display port dan PCle.
  • Fleksibilitas, port ini memberikan transfer data berkecepatan tinggi, menghasilkan sinyal video dan dapat memberikan daya ke perangkat yang kompatibel secara bersamaan.
  • Bandwidth dua arah sebesar 40 Gigabyte per detik.

Perbedaan dengan Thunderbolt 3.0 & USB lainnya

THUNDERBOLT 4.0

Upgrade Eksternal

Port Thunderbolt 4 juga memberikan akses eksternal ke bus PCIe kecepatan tinggi, memungkinkan komponen yang menggunakan PCIe untuk terhubung tanpa harus dipasang secara internal.

  • SSD Eksternal. Jalankan game dari SSD NVMe eksternal, seperti Samsung Portable SSD X5 dan drive bawaan di dalam Seagate FireCuda Gaming Dock. Karena penyimpanan NVMe menggunakan PCIe alih-alih konektor SATA lawas yang digunakan oleh SSD SATA dan HDD tradisional, kecepatan baca/tulisnya cukup cepat untuk bermain game dari perangkat penyimpanan eksternal. Hal ini memungkinkan game untuk dipindahkan ke drive eksternal, sehingga dapat dimainkan pada sistem apa pun yang mendukung Thunderbolt 4.
  • Perangkat perekaman video. Kemungkinan lainnya adalah menyambungkan perangkat perekaman video eksternal untuk streaming, seperti AVerMedia Live Gamer BOLT. Anda dapat merekam gameplay dalam 4K pada 60 Hz atau 1080p pada 240 Hz. Memiliki unit khusus untuk merekam gameplay membebaskan sumber daya sistem, sehingga Anda dapat bermain game pada pengaturan yang lebih tinggi sembari mempertahankan kualitas video yang jernih.
  • Grafis Eksternal. Hubungkan GPU eksternal untuk meningkatkan performa grafis laptop atau PC ringan, yang memungkinkan Anda memainkan lebih banyak game pada pengaturan yang lebih tinggi.

——————————————————————————————————-

Temukan laptop lainnya dengan harga terbaik hanya disini  

Baca artikel lainnya :

——————————————————————————————————-

Untuk Spesifikasi lengkap dari laptop ini bisa didapatkan di fitur “CARI” pada kolom menu atas.

Terima kasih sudah membaca. Semoga bermanfaat.

About Author

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *