ELS.ID NEWS | Website Spesifikasi Lengkap dan Review Laptop No. 1 di Indonesia

Pilih Laptop | Website Spesifikasi Lengkap dan Review Laptop No. 1 di Indonesia

Prosessor AMD kalahkan Intel? Bedanya dimana sih

5 min read
INTEL VS AMD

PERBEDAAN INTEL VS AMD !

INTEL VS AMD

Bicara teknologi tentu tidak terlepas dari yang namanya prosessor atau CPU. Kita tahu saat ini terdapat 2 kekuatan yang berebut posisi, untuk menjadi yang terbaik. Ada Intel dan AMD (Advance Micro Device). Kedua nama ini, menjadi perusahaan chip prosessor terbesar didunia. Meskipun ada kompetitor lain seperti IBM, yang masih tertinggal jauh dari dua tokoh utama tersebut.

Secara sejarah, Intel telah lebih dulu hadir dibandingkan AMD. Menjadi jelas bahwa mereka telah memiliki pengalaman dan produk lebih banyak. Namun, AMD yang dulu tertinggal mulai mengejar ketertinggalannya dengan Intel.

Bicara tentang AMD

Kemunculan chipset seri Ryzen di tahun 2016 dengan arsitektur Zen, secara perlahan mengangkat nama AMD kembali di saat Intel sedang mentok-mentoknya. Ryzen memiliki kemampuan setara dengan prosesor Intel terbaru kala itu. Hebatnya, dengan konsumsi daya yang jauh lebih hemat dan harga yang lebih murah.

Semua itu adalah buah restrukturisasi manajemen dan menggaet insinyur berpengalaman dan muda. Kombinasi pengalaman dan ide-ide segar, membuahkan hasil dengan kehadiran seri Ryzen. Meski begitu, sebelum ada Ryzen, pasar laptop pelan-pelan dikuasai AMD. Deretan mobile processor seri A, seperti A10 dan A8, bekerja dengan efisien di konfigurasi laptop AMD.

Ada juga seri AMD Athlon yang setingkat di bawah Ryzen tetapi dengan komposisi sama. Bisa dibilang, dibuatnya AMD Ryzen 3, AMD Ryzen 5, AMD Ryzen 7, & AMD Ryzen 9 merupakan jawaban terhadap Intel Core i3, Core i5, Core i7, dan Core i9. Tidak sampai di situ, tersedia processor AMD dengan kinerja lebih hebat lagi, yakni AMD Threadripper.

Selain itu, kehebatan arsitektur AMD membuat banyak perusahaan game yang mulai melirik mereka untuk membuat chip untuk game console. Tiga nama besar di industri gaming, Nintendo, Sony, dan Microsoft, semua mengguanakan chipset AMD untuk rilisan Nintendo WiiU, Nintendo Switch, Sony Playstation 4, dan Xbox One.

 

Baca Juga: ZenBook Flip 13 UX363EA: Reddot Design Award 2020 Winner

 

Kebangkitan AMD semakin menjadi dengan merilis APU (accelerated processing unit). Perbedaan dengan CPU adalah APU sudah dibekali dengan grafis bawaan. Jadi pengguna tak perlu menggunakan kartu grafis (GPU) tambahan untuk menjalankan program yang menuntut pengolahan grafis, seperti game. Ini membuat para gamer lebih hemat secara signifikan.

Untuk CPU biasa, AMD juga merilis sederet kartu grafis yang bagus. Inilah bedanya mereka dengan Intel yang hanya fokus untuk chip saja, AMD dapat mengembangkan seri GPU yang kompatibel dan optimal dengan processor AMD. Bersama dengan ATI, mereka mengembangkan GPU external dalam wujud seri AMD Radeon.

 

5 Perbedaan AMD dan Intel

Kecepatan Clock Prosessor

AMD:

Rata-rata CPU dan APU keluaran AMD saat ini memiliki tingkat basis clock speed antara 3,4 GHz, hingga yang tertinggi 5.0 GHz. Dilihat di atas kertas, spesifikasi ini sudah lebih dari cukup. AMD berpendapat bahwa angka tersebut sudah mencukupi untuk proses komputasi yang biasa dilakukan orang-orang.

Intel:

Namun, Intel yang memang memfokuskan diri kepada kecepatan olah perintah prosesor, sedikit lebih unggul secara total. Mereka mempunyai processor dengan base clock 3,8 GHz dan dapat di-overclock hingga 5,1 GHz. Bahkan ada dasar kecepatan yang menembus angka 4.0 GHz.

Grafis

AMD:

Dalam rentang waktu sewindu terakhir, mereka mulai mampu mengimbangi Intel dalam segi grafis. Penggunaan fabrikasi yang makin kecil, membuat kehadiran resistor pengolah perintah makin banyak. Tercatat, efisiensi skor mereka meningkat signifikan dilihat dari berbagai benchmark.

Intel:

Si Biru, julukan Intel, memang tidak begitu dominan. Mereka tidak begitu memerhatikan segi ini karena berfokus dalam menghadirkan prosesor yang bekerja optimal dan efisien. Kemampuan olah grafis diserahkan kepada external GPU. Memang masih ada grafik bawaan, tetapi Intel HD Graphic kalah dari AMD Radeon Vega.

 

Baca Juga: Intel EVO: Evolusi Laptop Masa Kini Yang Tipis dan Efisien! 

 

Manajemen Suhu

AMD:

Dari dulu hal ini adalah keunggulan besar Intel. Saking kurang baiknya kemampuan AMD dalam hal ini, citra prosesor panas sampai dianggap bisa digunakan memasak menjadi bukti nyata. Namun, kehadiran Ryzen sedikit menghapus penilaian tersebut. Sistem pendingin chip bawaan dinilai cukup menekan suhu tinggi dan bisa dibilang mulai setara dengan seteru abadi.

Intel:

Soal suhu memang selalu menjadi bagian yang diperhatikan Intel dari tahun ke tahun. Fokus mereka dalam menghadirkan chipset super kencang dengan suhu aman memang terwujud. Terbukti dari seri-seri Intel Core i3, Core i5, dan Core i7 yang menjadi primadona para perakit PC

Keamanan dan Virus

AMD:

Kehebatan si Merah, julukan AMD, ada di segmen ini. Prosesor AMD dibekali dengan program bawaan di BiOS yang dapat memberi tahu pengguna soal kehadiran virus, bahkan sebelum virus tersebut menginfeksi perangkat.

Intel:

Sementara Intel hanya menggunakan kehadiran program anti virus yang baru mendeteksi ketika sudah terjangkiti. Itupun kebanyakan diberikan dari sistem operasi, seperti Windows Defender.

Harga

AMD:

Hal ini menjadi alasan utama AMD dengan chipset Ryzen menguasai pasar prosesor dalam 2 tahun terakhir. Banderol yang terjangkau untuk masyarakat umum menjadi penyebab penjualan AMD meningkat terus. Bandingkan dengan Intel yang memiliki harga jauh lebih tinggi.

Intel:

Fabrikasi yang belum berkembang menjadi alasan Intel sulit menapaki jejak kesuksesan mereka sebelumnya. Biaya produk yang tinggi untuk performa kelas atas membuat banderol harga juga meningkat. Mereka memang sukses membuat CPU dengan performa fantastis, suhu optimal, dan efisien konsumsi daya, tetapi semua dibayar dengan banderol mahal.

 

INTEL VS AMD

Masa Depan Prosesor Intel dan AMD

Restrukturisasi manajemen dan pengembangan Ryzen menjadi momok Intel yang tergerus kejayaannya secara perlahan. Masih banyak ruang bagi AMD untuk mengembangkan Ryzen. Bahkan mereka sudah membuat chipset super cepat dalam wujud Threadripper untuk kemampuan yang super fantastis.

Sementara Intel, yang masih terjebak dalam fabrikasi 10 nanometer seperti membentur tembok. Mereka beranggapan bahwa clock speed tinggi dengan manajemen daya dan suhu yang baik adalah kunci mendapat kepuasan saat menggunakan komputer. Imbasnya, biaya produksi semakin tinggi.

AMD hadir dengan harga yang lebih terjangkau memberikan opsi bagus bagi publik. Singkatnya, clock speed AMD memang sedikit di bawah Intel tapi kemampuan pembeli untuk berhemat menjadi faktor utama. Ibarat mengorbankan kemampuan tidak lebih dari 5% untuk penghematan hingga jutaan Rupiah ketika dikalkulasikan.

 

BACA JUGA : 5 Laptop Terbaik dan Terbaru, Harga 7 jutaan aja!

 

Siapa yang terbaik?

Saat ini Intel sudah memasuki generasi kesebelas dari seri Intel Core, sementara AMD berada di generasi kelima Ryzen. Meski kian tergerus, masih ada beberapa produk Intel yang patut menjadi pertimbangan. Pada sisi lain, banyaknya variasi Ryzen memberikan publik banyak opsi untuk merakit PC.

INTEL VS AMD

Kesimpulan

Setelah melihat perang kompetisi antara keduanya, jika kamu masih bertanya,maka sebenarnya masing-masing memiliki keunggulan.

Intel misalnya, mereka berhasil menciptakan prosesor pekerja keras. Sanggup mengolah perintah dengan cepat, konsumsi daya yang tergolong hemat, serta suhu yang tetap optimal.

Pada sisi lain, AMD memang menjadi primadona berkat kehadiran Athlon dan Ryzen.

Secara kasat mata, kemampuan CPU mereka tidak kalah dari prosesor Intel. Hanya dalam rentang 5-10% kalah performa, bahkan ada beberapa yang lebih unggul. Namun, banderol harga yang murah, ditambah dengan hadirnya inovasi APU, membuat produk-produk AMD perlahan menjadi favorit dan sudah menggungguli Intel dalam dua tahun terakhir. Sumber: productnation

 

Untuk Spesifikasi lengkap dari laptop ini bisa didapatkan di fitur CARI pada kolom menu atas.

——————————————————————————————————-

Temukan laptop lainnya dengan harga terbaik hanya disini 

Baca artikel lainnya :

——————————————————————————————————-

Terima kasih sudah membaca. Semoga bermanfaat.

About Author

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *