ELS.ID NEWS | Website Spesifikasi Lengkap dan Review Laptop No. 1 di Indonesia

Pilih Laptop | Website Spesifikasi Lengkap dan Review Laptop No. 1 di Indonesia

Resizeable Bar Nvidia GeForce RTX 30 Series

3 min read
NVIDIA RTX 30 SERIES

GeForce RTX 30 Series Berakselerasi Dengan Dukungan BAR yang Dapat Diubah Ukurannya

Dukungan awal kami untuk “BAR Resizable” sekarang tersedia untuk kartu grafis desktop GeForce RTX 3060 dan laptop GeForce RTX 30 Series. Memanfaatkan fitur lanjutan PCI Express, BAR Resizable dapat meningkatkan kinerja di game tertentu.

Apa itu BAR Resizable?

BAR Resizable adalah teknologi antarmuka PCI Express opsional. Saat Anda bergerak melalui dunia dalam game, memori GPU (VRAM) terus-menerus mentransfer tekstur, shader, dan geometri melalui banyak transfer CPU kecil ke GPU.

Dengan ukuran aset game modern yang terus berkembang, ini menghasilkan banyak transfer. Dengan menggunakan BAR Resizable, aset dapat diminta sesuai kebutuhan dan dikirim secara penuh, sehingga CPU dapat mengakses seluruh buffer frame secara efisien. Dan jika beberapa permintaan dibuat, transfer dapat terjadi secara bersamaan, daripada mengantri.

 

Baca Juga: Intel EVO: Evolusi Laptop Masa Kini Yang Tipis dan Efisien! 

 

CPU dan Platform CPU Apa yang Mendukung BAR Resizable?

Laptop GeForce RTX 30 Series dengan Intel dan AMD CPU Resizable BAR telah tersedia sekarang. Hubungi setiap produsen laptop untuk mengetahui apakah Resizable BAR didukung pada model tertentu.

Untuk desktop, Anda memerlukan CPU yang kompatibel, motherboard yang kompatibel, pembaruan SBIOS motherboard, pembaruan GPU VBIOS (GeForce RTX 3060 sudah dikirimkan dengan BIOS yang diperlukan) dan driver GeForce Game Ready baru untuk mengaktifkan Resizable BAR.

 

Dukungan Resizable BAR yang dijanjikan Nvidia akhirnya diluncurkan.

Beberapa yang beruntung yang dapat membeli GPU desktop GeForce RTX 3060 atau laptop GeForce RTX 30 Series sekarang memiliki akses ke fitur tersebut. BAR Resizable memberikan peningkatan kinerja hingga 10% di beberapa game, tetapi dukungan akan berdasarkan per-game karena menurunkan kinerja di game lain.

Menurut The Verge, game berikut ini didukung dalam rilis driver BAR Resizable awal:

  • Valhalla Kredo Assassin
  • Battlefield V
  • Borderlands 3
  • Forza Horizon 4
  • Roda gigi 5
  • Metro Exodus
  • Red Dead Redemption 2
  • Watch Dogs: Legion

Lebih banyak game akan ditambahkan ke daftar pada akhir Maret ketika Nvidia dan mitranya mulai meluncurkan pembaruan VBIOS untuk mengaktifkan dukungan Resizable BAR di seluruh keluarga GPU GeForce RTX 30 Series.

Sayangnya, hanya memiliki GPU yang tepat tidak menjamin PC dapat mendukung Resizable BAR. Untuk AMD, hanya prosesor Zen 3 pada chipset AMD seri 400 dan 500 yang kompatibel. Ada kisaran CPU Intel yang sedikit lebih tinggi yang mendukung fitur ini. Hampir semua chipset dan CPU Generasi ke-10 dan ke-11 kompatibel dengannya.

 

Baca Juga: ZenBook Flip 13 UX363EA: Reddot Design Award 2020 Winner

 

NVIDIA RESIZEABLE BAR

 

Selain VBIOS baru yang diperlukan untuk GPU, dukungan untuk BAR yang dapat diubah ukurannya juga memerlukan pembaruan BIOS motherboard. Sejauh ini, Nvidia melaporkan bahwa Asus, ASRock, Colorful, EVGA, Gigabyte, dan MSI sedang bekerja untuk menyediakan file BIOS sebelum peluncuran akhir Maret di seluruh lini GeForce RTX 30 Series.

Mereka yang memiliki GeForce RTX 3060 dapat melepaskan pembaruan VBIOS saat kartu diluncurkan dengan dukungan BAR Resizable. Selama pemilik kartu tersebut memiliki CPU dan motherboard yang kompatibel, mereka dapat segera mulai menggunakan fitur tersebut pada game yang didukung.

Hal-hal sedikit lebih membingungkan bagi mereka yang memiliki laptop GeForce RTX 30 Series. Pemilik perangkat ini harus menanyakan kepada pabrikan untuk informasi apakah mereka saat ini mendukung Resizable BAR atau tidak.

 

Untuk Spesifikasi lengkap dari laptop ini bisa didapatkan di fitur CARI pada kolom menu atas.

——————————————————————————————————-

Temukan laptop lainnya dengan harga terbaik hanya disini 

Baca artikel lainnya :

——————————————————————————————————-

Terima kasih sudah membaca. Semoga bermanfaat.

About Author

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *