ELS.ID NEWS | Website Spesifikasi Lengkap dan Review Laptop No. 1 di Indonesia

Pilih Laptop | Website Spesifikasi Lengkap dan Review Laptop No. 1 di Indonesia

Kini hadir, Prosessor AMD Ryzen 5000 Series untuk Laptop!

2 min read

Sumber : Eternallifesecret

AMD tentu akan terus memberikan inovasi-inovasi untuk menghadapi kompetitornya yaitu intel. Pada Januari tahun 2021 ini, terdapat acara teknologi yang paling berpengaruh di dunia yaitu CES 2021. Pada acara tersebut, CEO dan Presiden AMD, Dr. Lisa Su, juga ikut memberikan keynote speech yang membahas tentang visi inovatif AMD untuk masa depan pendidikan, penelitian, pekerjaan, hiburan dan gaming.

Pada kesempatan tersebut, dan menjadi yang paling menarik adalah pengumuman prosesor generasi terbaru untuk laptop yaitu Ryzen 5000 series. Dimana, prosesor ini memiliki arsitektur Zen 3 yang sama dengan versi desktop yang telah lebih dulu diluncurkan pada Oktober tahun lalu.

Terdapat total 13 SKU yang diperkenalkan pada publik, yaitu 2 SKU seri HX, 4 SKU seri HS, 2 SKU seri H dan 5 SKU seri U. Yang telah diketahui bahwa kode H pada SKU menandakan bahwa prosessor tersebut dapat memberikan performa yang tinggi dengan daya 45 watt. Kode seri HS sendiri ditujukan untuk laptop, dengan penggunaan daya 35 watt. Untuk kode seri HX menjadi SKU tertinggi yang menargetkan pengguna laptop gaming dan konten creator professional. Dan yang terakhir, untuk kode seri U, ditujukan pada laptop tipis dan ringan, yang memiliki performa baik dan penggunaan daya yang efisien.

Sumber : canggihid

Dr. Lisa Su juga memberikan highlight pada SKU unggulan AMD yaitu Ryzen 9 5900HX yang memiliki 8 core 16 threads, 20 MB cache, TDP 40W+ dan boost clock yang mencapai 4,6 Ghz dan juga terdapat Ryzen 5989HX yang hanya memiliki perbedaan pada boost clock yang dapat mencapai 4,8 Ghz.

Selanjutnya, juga dipaparkan keunggulan SKU seri U, Ryzen 7 5800U, yang menawarkan performa single-threaded hingga 16% lebih baik dan performa multithread hingga 14% lebih cepat dibandingkan generasi sebelumnya. Begitu pula dengan efisiensi daya dengan kemampuan baterai yang bertahan hingga 17,5 jam serta pemutaran film hingga 21 jam dengan sekali pengisian daya.

Jajaran Laptop baru yang menggunakan prosesor AMD Ryzen 5000 series ini akan mulai tersedia dari produsen seperti ASUS, HP, Lenvo pada kuartal 1 tahun 2021

 

About Author

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *