free web hit counter
baground_1

Processor

Empat fungsi utama prosesor adalah fetch, decode, execute, dan store.

  1. Fetch- adalah operasi yang menerima instruksi dari memori program dari RAM sistem.
  2. Decode- adalah tempat instruksi diubah untuk memahami bagian mana dari CPU yang diperlukan untuk melanjutkan operasi. Ini dilakukan oleh dekoder instruksi
  3. Execute- adalah tempat operasi dilakukan. Setiap bagian dari CPU yang diperlukan diaktifkan untuk menjalankan instruksi.
  4. Store- setelah prosesor menjalankan instruksi dari suatu program, maka harus memberikan umpan balik berupa data keluaran. Data keluaran ini kemudian ditulis ke memori komputer untuk referensi di kemudian hari.

via:merdeka.com

Motherboard

  • Fungsi motherboard yang pertama yaitu menyediakan tata letak terbaik, karena semua komponen pemrosesan yang penting dari komputer, seperti Central Processing Unit (CPU), memori sistem (RAM) dan kartu grafis, tertanam di motherboard. Dan, motherboard menghubungkan semua komponen ini. Ini dikenal sebagai Hub Komponen.
  • Motherboard memiliki papan sirkuit, dan pada papan sirkuit ini dirancang dengan jalur yang berbeda, yang dikenal sebagai buses. Fungsi motherboard melalui jalur tersebut berguna untuk mentransfer data ke semua komponen komputer.
  • Fungsi motherboard yang berikutnya yaitu mengatur dalam mengedarkan daya untuk bagian-bagian komputer sesuai dengan kebutuhan setiap bagian.
  • Fungsi motherboard yang selanjutnya adalah sebagai pusat komunikasi ke seluruh komponen komputer yang terhubung, baik secara langsung atau pun tidak langsung. Motherboard membantu mengirimkan semua lalu lintas data untuk semua bagian komputer sesuai kebutuhan per bagian.
  • ROM (Read Only Memory) terpasang pada motherboard. ROM yang disimpan pada praprogram dikenal sebagai BIOS (Basic Input / Output System). Dan melalui BIOS ini fungsi motherboard memberikan bantuan untuk proses booting saat menyalakan daya komputer Anda.
  • Fungsi motherboard yang terakhir yaitu memungkinkan menghubungkan berbagai komponen komputer langsung atau tidak langsung. Ada beberapa periferal seperti printer, keyboard, jack audio, hard drive, dan mouse. Yaitu menghubungkan langsung ke motherboard melalui berbagai port, soket, dan konektor.

via:merdeka.com

RAM

1. Membaca Data

Data yang tersimpan dalam harddisk biasanya akan lebih lama ditampilkan karena dalam harddisk tersimpan banyak data dan diperlukan waktu untuk menemukannya, terutama jika data mengalami fragmentasi.

Hal tersebut, agar mengurangi kelambatan dalam sebuah proses pemanggilan data, setelah suatu file atau data pertama kali dibuka. Data akan dibaca dan disimpan dalam RAM untuk sementara sehingga data tersebut akan lebih cepat diakses saat program masih berjalan dan komputer belum dimatikan.

2. Penyimpanan Sementara

Selain membaca data, RAM berfungsi sebagai tempat penyimpanan data sementara saat suatu program sedang dijalankan.

Contohnya, ketika Anda mengetik di Microsoft Word atau program lainnya, kata-kata yang dituliskan akan tersimpan pada program secara otomatis, namun bersifat sementara.

Dengan menyimpan data secara sementara pada RAM maka program dapat berjalan dengan lebih cepat dan responsif.

3.Membantu Performa Grafis dan Pengolahan Data

Ketika bermain game dengan grafis high resolution atau menonton film dengan resolusi yang tinggi maka menyetor data sangat banyak ke dalam RAM sehingga dibutuhkan RAM yang besar.

Makin besar RAM maka makin banyak pula data yang dapat diproses dalam waktu singkat. CPU akan mudah mengolah data karena pasokannya lancar sehingga tidak ada lagi hang saat menggunakan aplikasi berat.

via:bola.com

VGA

Fungsi VGA Card

Fungsi VGA Card yang utama pada monitor adalah membantu mengubah sinyal digital yang dihasilkan oleh komputer menjadi tampilan layar grafik pada monitor.

Dengan memiliki VGA card dengan kapasitas yang tinggi, hal itu akan membuat fungsi VGA card akan lebih baik juga, seperti:

- Grafik dalam bermain game menjadi jauh lebih bagus tanpa masalah

- Tampilan layar menjadi lebih jernih dan tajam

- Membantu membuat desain grafis dan juga desain 3D

- Dapat menyambungkan laptop atau PC ke layar TV dengan menggunakan kabel HDMI dan menghasilkan gambar dengan kualitas terbaik

- Cocok bagi pengguna yang senang menonton film dengan detail yang sempurna

Bagi para gamers yang menginginkan pengalaman bermain yang sempurna tanpa gangguan, diwajibkan memiliki VGA card dengan spesifikasi tinggi. Bila belum mampu untuk mendapatkannya, setidaknya kita tahu apa saja fungsi VGA card tersebut dan detail-detail lainnya tentang VGA card.

via:merdeka.com

Storage

Tempat Menyimpan Database

Salah satu elemen terpenting dalam suatu sistem komputer adalah Database. Databse dapat membantu sebuahh program atau aplikasi untuk berjalan dengan baik.

Database ini biasanya disimpan di dalam harddisk pada komputer server. Hal ini dilakukan untuk memudahkan akses dari berbagai Client yang ingin mengaksesnya. Oleh karena itu, hardisk yang digunakan untuk menjadi server ini membutuhkan hardisk dengan kapasitas tinggi agar tidak terjadi masalah saat pengambilan data nantinya.

Selain itu, penggunaan database juga harus diperhatikan oleh pengguna agar semua data yang disimpan bisa aman. Karena itu penggunaan database ini memiliki kriteria tertentu.

Menyimpan Data dari OS

Selanjutnya, fungsi hardisk adalah sebagai tempat menyimpan data dari OS. Biasanya OS yang digunakan pada sebuah komputer kebanyakan adalah Windows. Baik Windows maupun OS lain membutuhkan hardisk untuk dapat mengpoperasikan sebuah komputer. Karena itulah, fungsi utama harddisk adalah untuk menginstal OS. Tanpa OS komputer tidak akan berfungsi bagi penggunanya.

Penyimpanan Data dari Software

Harddisk juga memiliki peran dalam penyimpanan data dari software. Agar sebuah aplikasi bisa diinstal di perangkat komputer, maka diperlukan kapasitas harddisk yang cukup untuk aplikasi tersebut.

Bila harddisk yang kamu gunakan terlalu penuh dengan berbagai macam data, maka akan berpengaruh terhadap kinerja aplikasi tersebut, bahkan pada komputer.

Menyimpan Berbagai File Pengguna

Fungsi hardisk selanjutnya adalah tempat menyimpan berbagai file. Bagi pengguna, fungsi hardisk sangat vital sebagai tempat menyimpan segala macam data, file, serta dokumen virtual seperti .doc, .pdf, .mp3, dan lain-lain.

Dengan fungsi hardisk dalam menyimpan berbagai file tersebut, maka bisa dibilang harddisk adalah nyawa bagi seorang pengguna dalam komputernya. Saat harddisk rusak dan file yang telah disimpan emnghilang, tentunya menyebabkan berbagai hal yang harus dilakukan oleh pengguna menjadi tidak bisa dilakukan. Sepenting itulah fungsi hardisk pagi user.

Sebagai Back-up Data

Selain itu, fungsi harddisk lainnya adalah sebagai back-up data. Dengan kapasitas penyimpanan yang besar pada harddisk, maka kamu bisa menyimpan berbagai jenis data disana. Hal ini juga sangat berguna bila kamu takut kehilangan data data penting di komputer, sehingga bisa di simpan di harddisk sebagai cadangan.

Dengan begitu, kamu bisa mengamankan data-data kamu dari berbagai ancaman.

Dengan mengetahui beberapa jenis harddisk beserta fungsinya, kamu bisa memberikan yang terbaik untuk perawatan perangkat komputer dan laptop.

Apalagi peran yang dimiliki oleh harddisk sangatlah penting sebagai media penyimpanan data, membuat kamu harus ekstra hati-hati dalam memilih sesuai dengan kebutuhan. Bila data yang akan kamu simpan cukup banyak, sebaiknya langsung pilih harddisk dengan kapasitas yang tinggi.

via:liputan6.com

Case

1. Tempat Komponen Komputer Inti

Fungsi pertama casing komputer seperti yang sudah dijelaskan diatas yaitu sebagai tempat atau rumah dari komponen komputer inti pemrosessan dan penyimpanan lainnya.

Jadi komponen seperti motherboard, hardisk, powersupply, radiator pendingin dan yang lain bisa tertata dengan rapi dalam satu tempat solid.

2. Nilai Seni Komputer Custom

Fungsi casing komputer secara khusus juga bisa sebagai sebuah nilai seni dalam dunia computer custom. Casing dengan tujuan ini dibuat secara khusus agar semua sisi didalamnya bisa terlihat dari luar.

Ukutan casing komputer custom relatif besar karena untuk tempat komponen komponen dengan kualitas tinggi sehingga membutuhkan space yang cukup lebar.

3. Pelindung Aliran Listrik

Fungsi casing komputer yang paling penting adalah untuk melindungi user atau pengguna tersetrum aliran listrik dari komponen komputer didalam casing.

Ketika komputer dihidupkan pastinya komponen seperti motherboar akan teraliri listrik, kalau tidak dikemas dalam casing dan tidak sengaja tersentuh sudah pasti kamu akan kesetrum.

Karena itu dengan adanya casing komputer kamu bisa membetulkan posisi tanpa khawatir tersetrum aliran listrik.

4. Panel Tombol Motherboard

Agar motherboard bisa dihidupkan dan bisa dipaksa restart ketika hang misalnya maka dibutuhkan panel tombol sebagai input perintah.

Coba kalau kamu membuat panelnya secara manual, pasti akan ribet dan hasilnya tidak rapi terpisah-pisah.

Karena itu salah satu fungsi casing komputer juga sebagai tempat panen tombol untuk perintah proses kerja motherboard seperti tombol on off, restart dan port usb.

via:teknoblas.com

Contact Us